Kenali Tubuh Ketika Ingin Program Diet

komunitas sb1m

Kenali Tubuh Ketika Ingin Program Diet – Bagi Anda khususnya kaum perempuan harus tetap waspada bila ingin menjalani program penurunan berat badan. Jangan sampai karena ingin memiliki tubuh langsing, malah menderita sakit.

Dunia kedokteran medik menilai, bukan indikasi baik bila seseorang mengalami penurunan berat badan dratis. Pasalnya, penurunan badan badan yang aman sebesar ½ kg per minggu atau lebih kurang 2 kg dalam sebulan. Jadi, kalau ada yang lebih dari itu, Anda harus tetap waspada. Salah-salah malah menimbulkan persoalan baru, kekurangan gizi, atau lainnya.

Kenali Tubuh Ketika Ingin Program Diet

Kebutuhan energi total (total energy expenditure / TEE) seseorang yang diperoleh dari makanan, digunakan untuk berlangsungnya proses fisiologis dan biokimia dalam tubuh, untuk aktivitas fisik dan untuk  memproses zat gizi dari mulai proses pencernaan hingga menjadi energi.

Jika makanan pengganti itu cukup untuk kebutuhan tiga proses tadi, tidak masalah. Akan tetapi, yang harus diperhatikan sebelum seseorang menjalani diet adalah mengenali keadaan tubuh terlebih dahulu, baru kemudian memilih dan menentukan takaran diet yang dibutuhkan.

Berat badan ideal bisa dihitung dengan menggunakan rumus indeks masa tubuh (IMT). Berat badan (BB) dalam kg dibagi tinggi badan (TB) pangkat 2 dalam meter atau kalau disusun dalam rumus matematiknya

IMT = BB (kg) / TB2(m)

Sedangkan toleransi berat badan (BB) yang masih aman bila berada pada ambang 20 – 22 dihitung dari IMT. Contoh, bila seseorang berat badannya 60 kg dan tinggi badannya 160 cm berarti IMT-nya 60 kg/(1.6)2 = 60 kg/2.56 m = 23.4375. Dengan IMT di atas 22, berat badan orang itu tergolong kelebihan karena melebihi ambang batas 20 – 22.

Kendati begitu, harap hati-hati karena setiap penurunan berat badan dapat menimbulkan 10-15% gangguan pada otot. Baik otot jantung, hati, atau pun otot dari organ tubuh vital lainnya. Gangguan ini bisa berupa otot semakin lemah atau malah otot menjadi makin berkurang.

Pasukan Synergy

Hal penting lain yang harus diperhatikan oleh seseorang yang akan menjalani diet, herbal atau pun bukan, adalah asupan gizi. Bila terdapat produk yang menjanjikan bisa menurunkan berat badan dengan hanya memberikan asupan sebesar 100 kalori pada saat sarapan, harus hati-hati.

Pasalnya, untuk sarapan dengan satu kepal nasi dengan berat 75 gram saja, sudah mengandung 240 kalori. Belum bila sarapan itu ditambah satu telur dan sayur, kalorinya bisa mencapai di atas seribu kalori. Akan tetapi, kalau dari makanan pengganti itu cuma memperoleh 100 kalori saja, perhatikan kandungan lainnya.

Apa pun produk yang akan digunakan untuk menjalani diet, ada 3 lembaga yang harus memberikan izin bagi produk tersebut. Lembaga itu adalah Food and Drugs Administration Amerika Serikat (USFAD) atau Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika Serikat. Hal itu, bila produk itu merupakan impor. Dua lembaga lainnya adalah LP POM Indonesia dan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pasukan Synergy

Demikian info tentang Kenali Tubuh Ketika Ingin Program Diet semoga bermanfaat.

Sumber: Cara Pintar Diet, Tina Astuti

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.