Komposisi Lemak Tubuh dan Kasuistik

komunitas sb1m

Komposisi Lemak Tubuh dan Kasuistik – Alat ukur lain untuk mengetahui berat badan selain IMT dan lingkar pinggang yakni body fat analyzer (BFA) yang berfungsi untuk mengukur komposisi lemak tubuh. Komposisi lemak tubuh normal pada perempuan berkisar 22 – 27 persen, tergantung usia. Semakin tua usia, semakin banyak persentase fat-nya.

Pasukan Synergy

Komposisi Lemak Tubuh dan Kasuistik

Idealnya, sih, memang diukur suatu persentase atau komposisi lemak tubuhnya, karena tujuan menurunkan berat badan seharusnya adalah menurunkan lemak tubuh. Hanya saja, BFA butuh alat khusus.

Ukuran lingkar pingang sebetulnya sudah cukup bisa menjadi parameter. Ukuran pinggang yang lebih dari normal menggambarkan banyaknya lemak yang tertimbun di daerah perut. Lemak perut ini cukup berbahaya, karena ia berada di dekat organ-organ internal, seperti hati dan usus, sehingga lemak yang berlebihan itu bukan alat pasif untuk menyimpan kelebihan energi, melainkan mengeluarkan hormon tetentu yang bisa memengaruhi semua itu.

Itu sebabnya, orang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari normal berisiko mendapat penyakit lebih banyak. Hormon yang dikeluarkan oleh sel-sel lemak dapat memengaruhi berbagai hal, antara lain orang menjadi resisten terhadap insulin. Sel-sel tubuhnya tidak bereaksi dengan insulin yang dikeluarkannya sendiri. Akibatnya, gula darah jadi tinggi, kadang-kadang turun mendadak.

Obat-obatan seringkali juga diperlukan. Tapi, kalau Indeks Masa Tubuh (IMT)-nya 23, tidak ada penyakit penyerta, tensi darah normal, gula darah dan kolesterol juga normal, tidak perlu pakai obat dulu. Dietnya cukup mengatur pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik, dengan olahraga maupun aktivitas fisik lain, seperti mencuci mobil, membersihkan rumah, menyapu halaman, dan sebagainya.

Berbeda jika seseorang overweight dan ada faktor risiko, antara lain tensi darah lebih dari 185/35, kolesterol HDL lebih rendah daripada normal, gula darah puasa lebih dari normal, obat-obatan bisa diberikan. Jadi ada step-step-nya kapan obat bisa dipakai, kecuali kalau sudah obesitas. Berarti risikonya bertambah.

Kasuistik

Dunia kedokteran medis menilai, bukan indikasi baik bila seseorang mengalami penurunan berat badan drastis. Pasalnya, penurunan berat badan yang aman sebesar ½ kg per minggu atau lebih kurang 2 kg dalam sebulan.

Orang yang memiliki berat badan berlebih akan banyak terserang penyakit seperti darah tinggi atau kolesterol, cepat lelah, sering pusing, sakit kepala, dan pegal-pegal di bagian tengkuk serta pundak. Apalagi jika jarang berolah raga

Ada banyak cara orang menurunkan berat badan. Satu di antaranya dengan metode mengganti menu sarapan pagi dan makan malam, dengan minuman mengandung soy Protein (protein kacang kedelai). Minuman itu dicampur dengan bahan alami yang meliputi protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan herbal.

Bila dilihat kandungannya, protein kedelai tersebut merupakan nutrisi yang memberikan vitamin dan mineral lengkap seimbang meliputi protein, karbohidrat, lemak, dan serat, vitamin A, C, D, E, Folic Acid, Vitamin B6, B12, Calcium, Zat Besi, Magnesium, Zinc,Yodium, Selenium, dll.

Cara lain yaitu dengan mengonsumsi teh pelangsing ditambah kaplet buatan dalam negeri. Alasan mengonsumsi pelangsing buatan dalam negeri yaitu karena kandungan dan perizinan produk pelangsing dalam negeri lebih jelas dibandingkan produk impor. Selain itu juga bahan-bahan dan kandungan yang tertera pada label lebih dikenal.

Selain itu, cara yang juga bisa digunakan adalah dengan pantang makan goreng-gorengan dan ngemil. Kalaupun masih mau mencicipi kudapan, maka pilihlah gado-gado ketimbang bakso. Karena gado-gado banyak sayurannya dan sausnya juga dari kacang maka aman.

Kecenderungan masyarakat, terutama perempuan, untuk mempunyai tubuh ideal, memang tidak pernah surut. Hal ini dipicu dari pencitraan cantik yang identik dengan tinggi, langsing, dan putih. Bahkan, karena pencitraan pula, tren menunjukkan, kaum perempuan memilih cara diet dengan hal-hal berbau herbal yang konon lebih bersifat alami.

Demikian info tentang Komposisi Lemak Tubuh dan Kasuistik semoga bermanfaat.

Pasukan Synergy

Sumber: Cara Pintar Diet, Tina Astuti

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Incoming search terms:

  • kalkulator massa otot
Hosting Berkualitas

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.