Melakukan Diet Aman Tubuh pun Nyaman

komunitas sb1m

Melakukan Diet Aman Tubuh pun Nyaman – Jangan asal berdiet, salah-salah berat badan malah naik lebih tinggi, atau terkena penyakit. Kunci diet yang benar adalah jangka panjang dan berefek menyehatkan.

Memutuskan berdiet untuk menurunkan berat badan (BB) sebaiknya tidak buru-buru. Harus tahu dulu, benar enggak sih, Anda kelebihan BB. Parameter yang biasa dipakai adalah dengan mengukur indeks massa tubuh (IMT). IMT normal orang Asia berbeda dengan IMT orang Eropa.

Melakukan Diet Aman Tubuh pun Nyaman

Orang Eropa memiliki batas overweight 25 dan batas obesitas 30. Di atas 25 disebut overweight, lebih dari 30 disebut obesitas. Sementara orang Asia, 23 sudah disebut overweight, 25 obesitas. Batas bawahnya 18,5. Jadi, IMT normal orang Asia adalah 18,5 – 23. Ini yang harus jadi patokan dulu, kalau IMT-nya antara 18,5 – 23, ya ggak perlu nurunin BB. BB yang kurang juga malah berisiko penyakit.

Parameter kedua yang dipakai adalah ukuran lingkar pinggang. Ukuran lingkar pinggang normal perempuan adalah kurang dari 80 cm, sementara pria kurang dari 90 cm. Walaupun IMT normal, tetapi kalau lingkar pinggangnya lebih dari 80, maka ia harus menurunkan BB-nya, karena risiko mendapat penyakit meningkat. IMT dan lingkar pinggang adalah parameter yang paling mudah. Dan hal itu semua orang bisa mengukur sendiri.

Jadi, sebaiknya parameter BB bukan berdasar estetik, melainkan cut off point suatu penyakit. Orang Asia itu, dengan IMT 23 saja, penyakitnya sudah macam-macam. Gula darah naik, kolesterol tinggi, tensi naik. Apalagi kalau diambil 25, bisa-bisa tidak terdeteksi.

Jika ternyata parameternya menunjukkan BB sudah kelebihan, apa yang harus dilakukan?

Hanya ada 2 cara menurunkan BB yang menyehatkan.

  1. Mengatur pola makan, artinya intake (asupan) kalori yang masuk tidak berlebihan atau dibikin defisit.
  2. Dengan aktivitas fisik. Kalau aktivitas fisik meningkat, maka kebutuhan energi akan tinggi, sementara intake kalori yang masuk sedikit, akhirnya timbul defisit kalori juga.

Beberapa cara untuk menurunkan berat badan

Pasukan Synergy

Program penurunan berat badan yang dianjurkan dunia kedokteran ada beberapa cara. Antara lain

1. Terapi perilaku

Terapi perilaku berhubungan dengan cara hidup lebih sehat, seperti makan seimbang, tepat waktu, banyak minum air putih, tidak merokok, menghindari junkfood, dll.

2. Terapi diet

Terapi diet dilakukan dengan mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dalam setiap makanan yang dikonsumsi harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

3. Pemberian obat

Untuk penurunan berat badan yang menggunakan obat, ada dua jenis (generik). Kedua jenis obat tersebut adalah orlistap yang berguna untuk mengurangi penyerapan lemak oleh tubuh dan sibutramine yang berfungsi menghambat atau menekan nafsu makan.

Sama halnya diet pola makan, pemberian obat-obatan ini harus dilakukan oleh dokter ahli. Sedangkan untuk program lainnya bisa berupa sedot lemak (liposuction) atau akupuntur. Dengan catatan semua program tersebut harus mendapat pengawasan dari dokter ataupun konsultan ahli gizi.

Selain itu, ada juga yang mengonsumsi suplemen (makanan tambahan). Suplemen seperti ini, selama mendapat izin dan direkomendasikan oleh FDA, LP POM dan MUI, bisa dikonsumsi.

4. Aktivitas fisik

5. dan upaya yang lainnya.

Terlepas dari semua itu, pola makan teratur, istirahat dan olah raga cukup, berat badan akan tetap terkendali. Kalaupun pada akhirnya harus menjalani diet, lakukan dengan bimbingan dokter dan ahli gizi. Selain aman, proses diet yang dijalani akan lebih terpantau.

Demikian info tentang Melakukan Diet Aman Tubuh pun Nyaman semoga bermanfaat.

Pasukan Synergy

Sumber: Cara Pintar Diet, Tina Astuti

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.